Fitur Baru Instagram, Bisa Broadcast DM

Satzan - Sejak Instagram Threads diluncurkan setahun yang lalu, aplikasi perpesanan yang berakar dari Instagam ini seolah tenggelam tanpa pembaruan apapun. 

Ketika diluncurkan pertama kali, Instagram menyebut Unstagram Threads sebagai  "camera first messaging app" atau aplikasi perpesanan berbasis foto dan video. Tetapi, pengguna hanya bisa berbagi foto, video, status, atau pesan dengan teman-teman yang telah dipilih sebagai "close friend" (teman dekat) yang sudah diatur sebelumnya di aplikasi Instagram utama. Di luar close friend, pengguna harus menggunakan fitur direct message di aplikasi utama Instagram. 

Saat ini, Instagram mengumumkan pembaruan untuk Threads. Ini menjadikannya benar-benar bisa berperan layaknya aplikasi pesan instan. Dengan demikian, pengguna tidak hanya bisa mengirim pesan langsung ke teman dekat saja, tapi juga orang lain yang pernah berkirim pesan lewat fitur direct message Instagram sebelumnya. 

Informasi pembaruan ini muncul saat membuka aplikasi untuk pertama kalinya setelah update. "Sekarang Anda bisa mengakses percakapan ke semua orang di perpesanan Instagram. Percakapan anda dengan teman dekat akan lebih diprioritaskan di inbox," tulis pengumuman itu. Dirangkum Satzan dari The Next Web, Kamis (8/10/2020)

Kabar baiknya, pengguna lain tidak perlu menginstal Threads untuk dapat menerima atau membalas pesan yang dikirim dari aplikasi Threads. Meski mirip sebagai "sempalan"  direct message dari aplikasi utama Instagram, tapi Threads punya beberapa fitur yang tidak dimiliki aplikasi induknya itu. Salah satunya adalah status. Pengguna bisa membagikan status berupa emoji dan teks. 

Pengguna juga dapat mengaktifkan "Auto Status". Secara otomatis akan membagikan lokasi dan aktivitas pengguna saat itu. Lokasi yang dimaksud bukanlah lokasi pasti berupa titik koordinat, melainkan lokasi umum, misalnya "sedang berada di rumah", "dalam perjalanan", "di pantai", dan sebagainya. Nantinya, status akan muncul di laman profil pengguna, tepatnya berada di bawah bio. 

Instagram pernah mencoba membuat aplikasi khusus DM namun tidak berfungsi dan kemungkinan proyek itu diimplementasikan dalam Threads dengan beberapa modifikasi. Ini bukan kali pertama Facebook Inc memisahkan aplikasi utama dan perpesanan. Sebelumnya, Messenger juga menjadi fitur perpesanan di aplikasi utama Facebook. Saat ini, Facebook amsih mencoba menambahkan beberapa fitur di Messenger yang tetap masih dapat diakses melalui aplikasi utama Facebook.





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama